Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil asal Korea Selatan, PT. Kia Mobil Indonesia sudah menjual 12.121 unit mobil di Indonesia dan 2.746.643 unit di seluruh dunia pada tahun 2013.

Pada penjualan global, mobil yang menjadi unggulan antara lain Rio, Sportage, Optima, Sorento dan Cerato. Sedangkan di Indonesia, varian All New Picanto.

"Kontribusi terbesar dari All New Picanto hampir setengahnya," kata Direktur Marketing KMI, Hartanto Sukmono di Jakarta, Rabu.

All New Picanto terjual sebanyak 6.379 unit atau 52 persen dari total penjualan. Sedangkan All New Rio terjual 3.326 dan All new Sportage terjual 1.075 unit. "Kia kini menempati peringkat 10 diantara anggota GAIKINDO," katanya.

Untuk tahun depan, Hartanto menyebut pihaknya menargetkan 12.500 unit. Hal tersebut, lanjut Hartanto karena ada beberapa faktor makro seperti Pemilu 2014 yang akan memberi efek tidak langsung pada pasar otomotif.

"Ada kemungkinan memberi dampak pada perekonomian yang mau tidak mau akan berdampak pula pada penjualan mobil," katanya.

Efek pemilu tersebut, lanjutnya, akan memberi efek terutama pada semester pertama tahun 2014.

"Penjualan akan normal pada semester kedua," katanya.
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014