Jakarta (ANTARA News) - Piala Dunia 2014 pertengahan tahun ini diprediksi akan menurunkan jumlah penjualan mobil di kisaran lima hingga 10 persen.

"Tren Piala Dunia selalu menurunkan jumlah penjualan mobil, karena masyarakat kita sangat gila bola, jadi ada anggapan kalau sudah ada bola, lupa yang lain," kata Kepala Divisi Domestik Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), Rio Sanggau di Jakarta, Selasa,

Rio menambahkan penjualan kendaraan bermotor secara umum juga diperkirakan akan menemui beberapa kendala pada tahun ini karena faktor nilai rupiah yang cenderung terus melemah dan gejolak perekonomian yang belum stabil sehingga berpengaruh pada daya beli masyarakat.

Oleh karena itu, PT. ADM mencanangkan target penjualan yang tidak jauh dari realisasi penjualan pada 2013 yakni 185 ribu unit.

Mobil produk mereka yang diperkirakan mendominasi  masih varian di kelas Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) yaitu All New Xenia.

"Tapi untuk 2014, meskipun ada Piala Dunia, kami belum revisi target, masih 185 ribu sama seperti realisasi tahun lalu," ujarnya.

Untuk menopang target penjualan tahun ini, PT. ADM juga berharap pada varian mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), Daihatsu Ayla.

"Kami cukup terbantu dengan Ayla yang per bulan diperkirakan bisa laku sekitar tiga ribuan," katanya.
Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014