Jakarta (ANTARA News) - Tahun 2013, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) asal Jepang, PT. Mazda Motor Indonesia menjual 11.052 unit mobil.

Tiga kontributor terbesar yakni varian Mazda2, Mazda CX-5 dan Mazda Biante.

"Yang paling dimindat Mazda CX-5 kemudian Biante dan Mazda2," kata Senior Marketing Manager PT. Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana di Jakarta, Kamis malam.

Dia menyebutkan bahwa ada penurunan dari penjualan Mazda pada tahun sebelumnya sebanyak 9 persen. Hal tersebut karena penjualan varian komersil yakni BT-50 tidak sesuai target.

"Tahun lalu kan harga coal dan mining tidak sebagus 2012. Jadi banyak yang menahan pembelian mobil komersil," katanya.

Meski mengalami penurunan, tapi Astrid mengklaim bahwa ada kenaikan penjualan di beberapa varian. Seperti Mazda Biante yang tumbuh 57 persen, New Mazda CX-5 sebanyak 49 persen dan All New Mazda6 yang tumbuh 65 persen.

Sementara itu, President Director PT. Mazda Motor Indonesia, Keizo Okue menyebutkan bahwa Mazda menargetkan penjualan sebanyak 12 ribu unit per tahun.

"Kami prediksi tahun ini industri akan mencatat penjualan sekitar 1,2 juta dan kami ingin berkontribusi merealisasikan pertumbuhan tersebut," katanya. (Deny) 
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014