Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan ingin kembali mengemudikan mobil listrik karena selama ini masih menahan diri setelah sempat mengalami kecelakaan mengendarai Tucuxi.

"Saya sudah 'gatal' banget untuk mengendarai mobil listrik, pengen bawa," kata DI seusai menghadiri malam penghargaan mobilmotor Indonesian Car of the Year (ICOTY) 2013 di Jakarta, Rabu malam.

"Cuma ya itu kalau saya mengemudikan di waktu dekat ini bisa ramai lagi pembicaraan di tengah masyarakat. Saya harus bersabar sampai mobil listrik dalam negeri mendapatkan lisensi layak jalan," lanjutnya.

Pada awal tahun ini, Dahlan Iskan sempat mengalami kecelakaan saat melakukan uji coba dengan mobil listrik Tucuxi di Karanganyar, Jawa Tengah.

Alasan lain, masih menurut DI, kelanjutan pengembangan mobil listrik masih simpang siur antara ditangani oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset dan Teknologi atau Kementerian Perhubungan.

"Status kelanjutannya kan hingga sekarang belum jelas dari pemerintah. Tetapi belakangan sepertinya akan dikembangkan oleh Kemristek. Mulai jelas dan lumayan sudah ada kemajuan," kata dia.

Berdasarkan penuturannya, sebentar lagi akan mobil listrik akan diuji oleh Kemristek dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Saya sudah mendapat laporan bahwa mobil listrik akan dikawal oleh Kemristek sampai ke tingkat industri. Tapi belum sampai dikaitkan dengan Agen Pemegang Merek (APM)," katanya.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013