Jakarta (ANTARA News) - Produsen ban kendaraan Bridgestone memamerkan sebuah ban konsep, Air-Free Concept Tire, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Air-Free Concept Tire merupakan ban tanpa angin inovasi Bridgestone yang mengandalkan kekuatan jari-jari unik yang lentur yang terbuat dari plastik.

Berkat struktur jari-jari unik yang membentang pada sisi dalam, ban ini tidak membutuhkan perawatan ekstra layaknya ban pada umumnya yang harus dicek dan diisi angin secara berkala.

Meskipun tanpa angin dan mengandalkan kekuatan jari-jari elastis, ban ini mampu menahan beban kendaraan dengan baik.

Selain tidak masalah ketika terkena tusukan, ban konsep Bridgestone itu juga ramah lingkungan karena jari-jarinya yang terbuat dari resin termoplatik dan karet telapaknya, seluruhnya bisa didaur ulang.

Ban tersebut, menurut Bridgestone, telah membuat standar baru dalam hal ramah lingkungan, keselamatan, dan kenyamanan.

Bridgestone mengembangkan tekonologi itu dengan tujuan mencapai proses "cradle to cradle" atau suatu konsep produk berkelanjutan serta proaktif memaksimalkan pemanfaatan sumber daya dari siklus suatu ban.

Dengan teknologi itu diharapkan dari ban yang sudah usang bisa kembali menjadi ban baru dengan penggunaan sumber daya yang bisa didaur ulang.
Pewarta: Suryanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013