Jakarta (ANTARA News) - Replika mobil balap hibrid Toyota TS030 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang berlangsung hingga 29 September.

Sosok asli racing car hybrid tersebut tampil di ajang FIA World Endurance Championship dalam dua tahun terakhir dan membuat prestasi gemilang di 24 Hours Le Mans pada tahun ini.

Teknologi yang diusung adalah Toyota Hybrid System-Racing (THS-R). Sistem ini mengandalkan mesin 3,4 liter delapan silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 530 hp, seperti dilansir situs resmi Toyota.

Sistem hibridnya menggunakan motor bertenaga 300 hp. Energi listrik disimpan di super kapasitor dan bukan baterai seperti mobil hybrid konvensional.

Super kapasitor  mampu menyerap dan mengeluarkan energi dengan cepat, tidak seperti baterai.

Kunci lainnya adalah sistem pengereman regeneratif.  Unit motor generator ikut membantu pengereman sekaligus memanen energi listrik untuk disimpan di super kapasitor dan selanjutnya di gunakan motor listrik untuk akselerasi.

Toyota menurunkan dua unit TS030 Hybrid untuk Seri balap ketahanan. Pada Oktober mendatang keduanya akan bertarung di World Endurance Championship di sirkuit  Fuji.

Dalam IIMS 2013 ini, Toyota juga mengandalkan dua mobil hibrid yakni Toyota Prius generasi ketiga dan Toyota Camry Hybrid.
Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013