Jakarta (ANTARA News) - Distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), hari ini merilis Mitsubishi Colt Diesel FE71L, truk kelas ringan yang cocok untuk angkutan barang-barang di perkotaan.

Dengan sasis terpanjang pada kelasnya, FE71L (Long) menyediakan ruang kargo lebih besar dan diklaim tetap bisa bergerak lincah meskipun kapasitas angkutnya lebih banyak dibandingkan kendaraan sejenis saingannya.

Peluncuran Colt Dieseal FE71L itu, menurut Presiden Direktur KTB Noboru Tsuji, untuk menjawab permintaan Colt Diesel tipe empat ban yang terus meningkat seiring naiknya kebutuhan konsumen akan kendaraan yang lebih efisien, terutama dari sisi kapasitas volume.

"Truk dengan long-wheel base memiliki permintaan yang tinggi di pasar karena kemampuannya dalam transportasi lebih efektif dan efisien," katanya saat peluncuran Colt Diesel FE71L di kantor pusat KTB di Jakarta, Rabu.

Mitsubishi, katanya, akan terus melengkapi varian Colt Diesel yang telah memimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia untuk memberikan pilihan luas kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Sementara menurut Senior Manager Market Management ASEAN Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), Karl Hecht, Colt Diesel FE71L merupakan respons MFTBC dan KTB dalam memenuhi permintaan truk di Indonesia yang terus meningkat.

"Kami terus bekerjasama dengan KTB untuk mengembangkan produk-produk baru bagi pasar Indonesia yang merupakan pasar internasional terpenting bagi kami," katanya.

Head of Field KTB, Marganda, menambahkan bahwa keunggulan Colt Diesel FE71L antara lain memiliki kemampuan volume angkut terbesar pada kelasnya karena didukung wheelbase 3,350 meter, paling panjang dibanding kendaran sejenis yang memiliki wheelbase standar 2,5 meter.

Kemudian mudah dioperasikan karena sudah dilengkapi power steering, lincah dengan radius putar (turning radius) terkecil, paling kuat di jalan menanjak berkat final gear ratio yang besar yakni 5,714.

Target pasar Colt Diesel FE71L ini adalah perusahaan-perusahaan atau individu sektor barang-barang konsumsi yang membutuhkan kendaraan dengan volume angkut lebih besar, dengan jenis muatan seperti makanan dan minuman ringan, alat-alat rumah tangga, atau air minum dalam galon.

Mitsubishi Colt Diesel FE71L didukung dengan mesin 4D34 yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 110PS, ditambahkan teknologi Turbochanger & Intercooler, New Injection Pump, serta final gear ratio 5,710 sehingga lebih efisen dalam konsumsi bahan bakar.

Guna mendukung keamanannya, truk ringan itu dilengkapi rem yang diklaim ekstra pakem berkat pengembangan rem tromol dan exhaust brake. Baut roda yang berjumlah enam buah membuat rodanya tetap kokoh dalam berbagai kondisi medan.

Dengan hadirnya FE71L, kini Mitsubishi Colt Diesel memiliki 11 varian yang mewakili konsep 4S (Super Economical, Super Speed, Super Power, dan Super Capasity).

Pada awal tahun ini, Mitsubishi juga telah meluncurkan Mitsubishi Fuso Truck Center, layanan purna jual pertama di Indonesia yang memberikan layanan (service) 24 jam untuk para pelanggan kendaraan niaga Mitsubishi, kata Marganda.
Pewarta: Suryanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013