Jakarta (ANTARA News) - Astra Daihatsu Motor optimistis Xenia dual SRS Airbag akan menambahi penjualan 1000 unit per bulannya sehingga pada akhir tahun akan ada kenaikan penjualan varian tersebut sebesar 8000 unit.

"Rata-rata penjualan Xenia per bulannya adalah 6000 hingga 7000 per bulan. Dengan diluncurkannya Xenia baru tersebut akan menambah penjualan varian tersebut sebanyak 1000 unit per bulannya," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra saat ditemui seusai peluncuran Xenia X-tra aman dan nyaman di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dengan peluncuran model baru varian Xenia, Daihatsu menaikan target penjualan 2013 dari 165 ribu unit menjadi 173 ribu unit, meskipun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan penjualan mobil secara nasional akan stagnan pada 1,1 juta unit.

"Gaikindo telah memperkirakan penjualan akan flat tahun ini. Tapi dengan dikeluarkan Xenioa baru ini, kami optimistis akan mengalami peningkatan sebanyak 8000 unit tahun ini."

"Dengan demikian, akhir tahun kami optimistis akan mencatat penjualan hingga 173 ribu unit," ujar Amelia.

Amelia melanjutkan peningkatan tersebut diambil berdasarkan survei kepada pelanggan mengenai alasan yang diperhatikan dalam membeli mobil kelas MPV low.

Dalam survei tersebut, katanya, keselamatan menjadi alasan nomor tiga bagi pembeli dalam membeli mobil. Amelia menyebutkan nomor satunya adalah eksterior dan kedua konsumsi bahan bakar. Padahal, pada tahun lalu keselamatan hanya menempati posisi kelima dalam alasan membeli mobil.

"Untuk alasan pertama dan kedua kami sangat memenuhi keinginan tersebut. Namun, nomor tiga belum. Akhirnya kami pun mengeluarkan Xenia X-tra aman dan nyaman tersebut," ujar Amelia.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI - DSO) Hendrayadi Lastiyoso menegaskan selisih harga Xenia X-tra aman dan nyaman pada tiap tipe rata-rata hanya sebesar Rp2,5 juta.

Angka tersebut, lanjut dia, sangat murah. Sebab, harga airbag sendiri tidak sebesar itu, yaitu mencapai Rp4 jutaan. Ia pun memastikan bahwa pihaknya tidak akan lagi menjual Xenia tanpa airbag mulai 15 Mei ini.

"Saat ini sudah ada pemesanan sekitar 2000 unit dan rencananya pengantaran dilakukan mulai minggu depan," kata Hendaryadi.

Sementara Presiden Direktur PT ADM Sudirman MR menegaskan kembali bahwa pihaknya optimistis Xenia X-tra aman dan nyaman dapat diterima pasar dengan baik. Sebab, peningkatan pada Xenia dilakukan sebagai respons positif Daihatsu atas masukan para pengguna seri Xenia yang menghendaki mobil itu semakin aman dan nyaman.

"Improvement ini merupakan perwujudan tekat Daihatsu untuk memberikan produk dan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, first class quality and first class customer satisfaction," ujar Sudirman.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013