Must Read

Selasa, 21/10/2014

Media dan klub motor kunjungi pabrik Yamaha

Jumat, 14 Desember 2012 19:52 WIB | 4.086 Views
Jakarta (ANTARA News) - PT Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ)  di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry City), Karawang. Jumat menyambut kunjungan media dan komunitas klub motor Yamaha.

Siaran pers Yamaha Indonesia menyebutkan para awak media dan komunitas klub motor Yamaha mendapatkan penjelasan tentang profil PT YMMWJ dan diberikan kesempatan khusus mengunjungi pabrik dan melihat langsung proses kerja perakitan motor di pabrik.

Berada di bawah naungan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), PT YMMWJ mengelola pabrik terbesar Yamaha yang memproduksi motor matik dan motor bebek yaitu Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Mio Fino dan Soul GT. Sedangkan Jupiter MX, Xeon dan motor sport Yamaha diproduksi di pabrik Yamaha di Pulogadung.

PT YMMWJ berdiri pada 23 November 2004 di atas lahan seluas 35,6 hektar. Bangunannya di atas tanah seluas 19,5 hektar. Hingga Oktober 2012, PT YMMWJ mempekerjakan kurang lebih 5.557 orang yang bekerja di 18 departemen. PT YMMWJ mulai berproduksi pada Januari 2006 dan grand opening diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 Januari 2006.

Sejak berproduksi pertama kali di 2006 hingga November 2012, PT YMMWJ telah memproduksi 8.669.580 unit motor (bebek dan matik). Proses produksi motor Yamaha di PT YMMWJ melalui tiga proses yang berakhir pada body assembling (perakitan bodi motor). Prosesnya yang pertama adalah die casting (pengecoran logam) lalu machining dan pembubutan rangka mesin, perakitan engine. Bagian proses kedua dimulai dari press bending (pebentukan pipa besi), welding frame  (pengelasan rangka), welding tangki, painting steel. Yang ketiga diawali dengan plastic injection (pengecoran plastik), painting plastic (pengecatan plastik) dan pemasangan grafis motor.

"Kualitas produk Yamaha pastinya beda dibandingkan pabrikan lain. Dilihat dari standar ketebalan painting dan pemilihan warna, jika dibandingkan dengan kompetitor, painting Yamaha lebih awet atau lebih lama pudar. Lalu matching cover atau struktur matching (sambungan cover plastic produk Yamaha) lebih kokoh sehingga tahan lama dan tidak mudah getar. Dan kualitas noise level (tingkat kebisingan mesin) memiliki standar judgement lebih tinggi saat pengecekan di final inspection (cek terakhir)," jelas Teddy Cahyadi Yacob, Direktur PT YMMWJ.

(A038)

COPYRIGHT © 2012

Galeri Foto Terkait
Pereli nasional Rifat Sungkar tengah merintis program barunya guna memunculkan juara baru di arena balap Indonesia.Perkembangan dunia otomotif di Indonesia yang begitu lambat ...
» Selanjutnya
Sepeda motor bahan bakar gas (BBG) yang dikembangkan peneliti Universitas Surya, Serpong Tangerang Banten diklaim pembuatnya aman."Selama proses penelitian bertahun-tahun, kami ...
» Selanjutnya
Perusahaan otomotif asal India, Tata Motors, menampilkan mobil konsep compact Sport Utility Vechicle (SUV) Nexon selama IIMS 2014 di Jakarta."Nexon merupakan compact SUV yang ...
» Selanjutnya
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merayakan 10 tahun kehadiran kendaraan serbaguna (MPV) Xenia dengan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai konvoi dengan kendaraan ...
» Selanjutnya
Back to top