Jakarta (ANTARA News) - Masih banyak pemilik kendaraan bermotor yang belum melindungi roda dua maupun mobilnya dengan asuransi untuk perawatan dan perlindungan terhadap kecelakaan. 

"Saya tidak tahu angka pastinya, tapi sebagian besar pengendaraan di Indonesia tidak mengansuransikan kendaraan bermotornya,"  kata Laurentius Iwan Pranoto Sutanto, Head Marketing Communications & PR PT. Asuransi Astra Buana. 

Perusahaan tersebut menaungi asuransi Garda Oto. Laurentius mengemukakan hal itu dalam talk show di Indonesia International Motor Show akhir pekan ini di Jakarta.

Menurut dia, alasan orang tidak mengansuransikan kendaraaannya terbilang sepele seperti "para pengendara sudah merasa aman" atau "yakin tidak akan terjadi apa-apa" selain  "jarak rumah gue deket atau gue pergi dari sini ke situ doang."

Padahal, lanjut Laurentius,  data kepolisian menunjukkan bahwa setiap empat menit sekali terdapat kecelakaan.

Laurentius menyebut bahwa Garda Oto tiap bulan menerima antara 7.000 dan 8.000 klaim kecelakaan se-Indonesia

"Seiring perkembangan teknologi perusahaan asuransi terus berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, kini prosedur pendaftaran makin mudah dan ada layanan call center 24 jam," katanya.

Garda Oto antara lain memberikan perlindungan total loss only untuk melindungi kerusakaan lebih dari 75 % atau hilang, comprehensive untuk melindungi kerusakan sebagian atau partial loss dan perlindungan tambahan seperti terorisme, kebanjiran, bencana alam, dan tangggung jawab pihak ketiga.
(adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011