Jakarta (ANTARA News)- Suzuki Motor Corp. akan membangun pabrik mobil mereka yang keempat di India untuk meningkatkan produksi hingga 1,5 juta unit pertahun di negara yang kini menjadi salah satu pasar otomotif terpotensial di dunia itu.

Suzuki yang mengendalikan hampir setengah pasar otmomotif India melalui kepemilikan mayoritas atas Maruti Suzuki India Ltd, mengungkapkan bahwa pabrik itu akan mulai beroperasi pada 2013 dengan produksi tahunan 250.000 unit mobil.

Pabrikan kendaraan asal Jepang yang mulai beroperasi di India pada 1983 itu, seperti yang dikutip Reuters, kini sedang membangun pabrik ketiganya di India untuk meningkatkan produksinya sampai 1,25 unit pertahun pada 2012.

Pabrik keempatnya akan mendorong produksi tahunan di India hingga sejumlah 1,5 juta unit, lebih dari setengah jumlah perkiraan produksinya pada 2010 yaitu sebesar 2,68 juta unit.

Maruti Suzuki India merupakan salah satu pabrikan otomotif terkemuka dengan peningkatan penjualan mencapai 24 persen pada Agustus silam.

Nilai saham Suzuki juga naik sebesar 1,9 persen menjadi 1,785 Yen, melampui peningkatan secara umum pada bursa saham Nikkei yang hanya sebesar 0.9 persen.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010