Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring, melepas 1.500 penumpang kapal laut mudik gratis dengan Telkomsel dengan tujuan Surabaya di terminal Penumpang Nusantara Pura 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Senin.

Saat melepas pemudik gratis, Tifatul berpesan agar tidak membawa orang, saat kembali ke Jakarta. "Sesuai himbauan gubernur DKI Jakarta, agar warga yang mudik jangan membawa orang ke Jakarta," pesan Menkoinfo kepada 1.500 pemudik.

Sementara itu, Direktur Pelayaran Indonesia (Pelni) Jussabella Sahea disaat mendampingi Menkoinfo, mengatakan arus mudik mulai ramai H-4. Bahkan penumpang terbanyak mudik lebaran yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, diungkapkannya adalah penumpang kapal tujuan pelabuhan Belawan dan Kijang. Kapal Motor Gunung Dempo yang kapasitas penumpang mencapai 3000 orang, disaat mudik geratis mengangkut penumpang mencapai 2000 orang lebih.

Ditambahkan Jussbella, penumpang kapal laut pada arus mudik tahun ini diperkirakan akan meningkat sebanyak 150 hingga 200 orang penumpang, jika dibandingkan penumpang pada hari biasa, yang berkisar 40 hingga 50 orang.

"Penumpang yang mudik, kebanyakan adalah penumpang kapal pelni yang datang dari luar daerah Jawa. Kebanyakan mereka yang mudik pekerja buruh asal pulau jawa yang bekerja di daerah," ujarnya.
Mudik lebaran yang berangkat pelabuhan Tanjungpriok, telah memberangkatkan sekitar 20 ribu penumpang. Diperkirakan tinggi lonjakan pemudik H-4 dan H-3. "Kapal yang mengalami lonjakan penumpang Gunung Dempo Indonesia Timur dan KM Kelud tujuan Batam," ujarnya. Saat ini pelabuhan tanjung Priok, mengalami lonjakan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan mencapai 8.00 penumpang.
(PSO-008/P003)
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010