Jakarta (ANTARA News) - Ajang the 18th International Indonesia Motor Show (IIMS) 2010 juga menjadi tempat promosi untuk berbagai produk yang terkait dengan otomotif.

Salah satunya adalah shampoo mobil ramah lingkungan "Bio car Cleaner" tanpa deterjen dari PT.Sato Sara Semesta. Shampoo itu dibuat dari hasil fermentasi buah-buahan lokal.

"Dari awal berdiri perusahaan kami serius terhadap isu ramah lingkungan, oleh karena itu kami luncurkan produk bio car cleaner yang ramah terhadap lingkungan," Kata General Manager PT.Sato Sara Semesta Hartono.

Hartono mengungkapkan bahwa produk bio car cleaner atau shampoo mobil Sato tersebut masih dalam tahap pengembangan, tetapi selama ini sudah di ujicoba pada banyak kendaraan dengan hasil memuaskan.

Menurut dia, shampoo tersebut bekerja dengan cara mengurai kotoran dengan komposisi bahan kurang lebih dari 20 jenis varian buah-buahan lokal di antaranya apel dan kelapa yang difermentasi untuk menghasilkan enzim.

Shampoo dengan aroma khas jus buah dan memiliki warna seperti kaldu ini juga tidak berbahaya jika terminum karena terbuat dari bahan alami buah-buahan, selain itu, residu atau sisa pembuangan dari hasil mencuci kendaraan juga tidak menghasilkan busa .

Menurut Hartono, produk ini juga akan disempurnakan yaitu menghilangkan kandungan minyak yang sedikit berbusa, Shampoo tersebut akan diberi merek Geocare dengan ukuran satu,dua,lima dan dua puluh liter dan akan memiliki beberapa varian warna.

Sato mengembangkan produk ramah lingkungannya ini sejak empat bulan yang lalu di pabriknya yang berlokasi di Cipondoh Tangerang yang terkategori sebagai green factory karena lingkungannya rimbun dan asri penuh dengan tanaman sehingga terlihat berbeda seperti pabrik pada umumnya.
(YUD/A038/BRT)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010