Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pembuat perangkat navigasi, Garmin, hari ini mengumumkan produk terbarunya head-up display portable, HUD, alat yang bisa memancarkan informasi petunjuk perjalanan saat Anda berkendara.

HUD merupakan sebuah cara baru yang inovatif dalam menampilkan informasi navigasi di dalam mobil, kata Garmin dalam pernyataan di blog resminya baru-baru ini.

Perangkat baru buatan Garmin itu bisa memancarkan atau memproyeksikan petunjuk perjalanan dengan jelas dan tajam ke selembar film transparan yang ditempelkan pada kaca depan mobil atau lensa reflektor yang telah terpasang.

Menurut Garmin, HUD yang bisa menampilkan informasi persis di depan pandangan pengemudi, akan meningkatkan keamanan dan mengurangi gangguan bagi pengemudi saat menyimak informasi navigasi dalam perjalanan.

"HUD mengubah pengalaman navigasi dengan memungkinkan pengemudi menemukan jalannya tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan," kata wakil presiden penjualan global Garmin, Dan Bartel.

Manurut Bartel, head-up display selama ini tersedia di mobil-mobil high end tertentu, tapi dengan perangkat terbaru Garmin, teknologi itu tersedia sebagai aksesoris aftermarket untuk kendaraan apa pun dan harganya terjangkau.

HUD menawarkan informasi navigasi lebih detil dibanding head-up display portabel lainnya, namun disajikan dengan cara yang sederhana yang tidak membuat pandangan pengemudi berpaling dari jalan.

Beberapa informasi yang ditampilkan HUD antara lain mengenai indikator belokan, jarak menuju belokan selanjutnya, kecepatan kendaraan dan batas kecepatan juga perkiraan waktu tiba di tempat tujuan.

HUD juga memberikan informasi mengenai potensi penundaan perjalanan dan lokasi-lokasi kamera pengamanan yang akan dilaluinya.

Informasi yang ditampilkan tetap jelas meskipun pada siang hari yang terik atau pun malam karena tingkat keterangannya dapat menyesuaikan secara otomatis.

Melengkapi tampilan visual, HUD juga menawarkan petunjuk suara untuk memberitahukan belokan demi belokan yang disediakan bersama aplikasi navigasi pilihan Garmin, baik melalui speaker smartphone atau sistem audio mobil yang dihubungkan dengan Bluetooth.

Musik dari smartphone yang mengalun di audio mobil otomatis memelan ketika alat navigasi memberikan petunjuk jalan dengan suara. HUD tetap terus menampilkan informasi navigasi ketika ada panggilan telepon ke smartphone yang terkoneksi dengan fungsionalitas hands-fee.

Menurut Garmin, HUD dapat dipasang dengan mudah. Pengguna dapat memilih antara menampilkan informasi navigasi di kaca depan mobil--dengan film transparan yang disertakan--atau dengan lensa reflektor yang menempel langsung ke HUD.

HUD dapat terhubung secara nirkabel melalui Bluetooth dengan iPhone, ponsel Android atau Windows Phone 8. Sebuah port USB yang terintegrasi dengan kabel adaptor/daya kendaraan akan memudahkan pengguna mengisi daya baterai smartphone.

HUD akan dipasarkan dengan harga ritel sekitar 130 dolar dan akan tersedia pada musim panas ini, sementara aplikasi StreetPilot dan Navigon dijual Garmin seharga 29,99 dolar.
Pewarta: Suryanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013