Must Read

Jumat, 28/11/2014

Sepintas soal Chevrolet Spin

Jumat, 21 September 2012 22:42 WIB | 3.338 Views
Sepintas soal Chevrolet Spin
Matthew Noone, Director of Exterior Design General Motors do Brasil berpose di dekat Chevrolet Spin disela IIMS 2012 di Jakarta, Jumat (21/9/12). (GM Indonesia)
Jakarta (ANTARA News) - GM Indonesia untuk kali pertama menampilkan MPV terbarunya untuk pasar domestik, Chevrolet Spin, di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2012.

Ditengah ketatnya persaingan MPV di Indonesia, Spin yang dikembangkan dan didesain di pusat engineering dan desain GM Brasil di Sao Paulo, menawarkan sejumlah fitur yang diklaim GM tidaklah biasa.

"Chevrolet Spin telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia Tenggara yang tumbuh pesat dan bertujuan memperkuat kehadiran Chevrolet di kawasan ini. Desain Spin yang unik, fleksibel dan lincah akan menjadi salah satu produk Chevrolet paling populer pada tahun mendatang," kata Martin Apfel, Presiden GM Asia Tenggara, GM Thailand dan Chevrolet Sales (Thailand) dalam satu pernyataan di Jakarta, Jumat.

Spin memiliki garis-garis yang tegas sehingga menghasilkan penampilan dengan proporsi yang unik. Pada bagian depan, Spin menampilkan ciri khas split grille tradisional Chevrolet dengan lampu depan yang rapat, yang menurut GM memperkuat daya tarik secara visual.

Tampilan itu diperkuat dengan side lines yang mengesankan dan belt line yang tinggi. Garis desain yang tegas tersebut, menurut GM Indonesia, dirancang untuk memaksimalkan nilai aerodinamisnya.

Spin memiliki wheelbase (jarak antara roda depan dengan roda belakang) 2,620 milimeter, dan berkapasitas kabin untuk lima hingga tujuh penumpang.

Berbeda dengan MPV umumnya, tempat duduk pada Spin didesain menyerupai konfigurasi kursi teater sehingga memungkinkan penumpang di semua baris kursi bisa memandang ke depan dengan lapang. Ada 23 kombinasi posisi tempat duduk yang berbeda pada Spin.

"Interior Spin dapat mengakomodasi lima hingga tujuh penumpang dan menawarkan kapasitas bagasi yang dapat mencapai 1.668 liter.  Spin adalah kendaraan yang diciptakan bagi mereka yang mencintai kehidupan dan ingin membawa seluruh anggota keluarganya dalam perjalanan,” ujar Matthew Noone, Director of Exterior Design General Motors do Brasil.

Menurut Noone, seluruh peralatan, klaster instrumen serta 32 kompartemen aksesoris yang ada pada Spin seluruhnya didasarkan pada desain ergonomis kelas dunia.

Interior Spin memiliki sentuhan akhir premium. Panel instrumen two-tone memberi "kesan mewah" dengan sentuhan akhir aksen silver dan chrome pada handel pintu, kemudi, tombol radio dan kontrol AC, tuas transmisi, tuas rem tangan, serta ventilasi udara.

Panel indikator memiliki font yang eksklusif dan lampu Blue Illumination seperti yang dapat ditemukan pada kendaraan Chevrolet lainnya. Spin juga memiliki port USB serta tachometer analog dan speedometer digital.

Walaupun posisi duduk kursi pengemudi lebih tinggi, kata GM, Spin tetap mampu memberikan kontrol yang baik serta perasaan aman bagi pengemudi berkat sistem power steering-nya.

Spin diproduksi di pabrik GM di Bekasi yang memiliki kapasitas produksi maksimal 40 ribu unit per tahun. Dari pabrik di Bekasi, GM akan memproduksi Spin untuk pasar Asia Tenggara, juga Timur Tengah.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Galeri Foto Terkait
PT Astra Honda Motor (AHM) berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melonggarkan peraturan mengenai batas minimal uang muda (down payment/DP) untuk pembelian produk otomotif baik ...
» Selanjutnya
Modifikasi sepeda motor bergaya Jap atau Jap Style kian digandrungi para kaum muda Indonesia belakangan ini.Tidak hanya motor tua buatan tahun 70 dan 80-an, kendaraan baru ...
» Selanjutnya
Toyota Mirai, kendaraan teknologi fuel cell (FCV) yang mulai Desember beredar di pasar Jepang, tidak mengeluarkan emisi selain air."Mirai emisi CO2-nya nol karena tenaga ...
» Selanjutnya
Chevrolet hari ini meluncurkan mobil konsep Chaparral 2X VGT, sebuah kendaraan yang didesain khusus untuk para penggemar permainan di Play Station 3, Gran Turismo 6.Mobil konsep ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top