Must Read

Sabtu, 07/03/2015

Penjualan mobil diproyeksikan turun 30 persen pada Juni

Minggu, 3 Juni 2012 16:58 WIB | 7.104 Views
Penjualan mobil diproyeksikan turun 30 persen pada Juni
Gaikindo (istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil diproyeksikan turun sekitar 30 persen pada Juni dibandingkan Mei, menyusul penerapan peraturan uang muka kredit kendaraan sebesar 30 persen pada pertengahan bulan ini.

"Kalau tidak ada akal-akalan, pasar mobil akan turun 30 persen pada bulan ini," kata salah satu Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan di Jakarta, Minggu.

Penjualan mobil, pada Juni, diperkirakan hanya akan menembus angka sekitar 61 ribu sampai 66 ribu unit dibandingkan Mei.

"Penjualan mobil pada Mei berkisar antara 94 ribu-95 ribu unit secara wholesales atau penjualan sampai tingkat dealer," kata Johnny.

Penjualan pada Mei tersebut meningkat sekitar 8-9 persen dibandingkan April yang mencapai sekitar 87 ribu unit.

Johnny memperkirakan peningkatan penjualan mobil pada Mei karena push sale dari para agen tunggal pemegang merek (ATPM), di samping munculnya produk baru dan pulihnya pasokan mobil maupun suku cadang dari Thailand setelah banjir yang melanda negeri itu.

"Pasar mobil yang riil sendiri saya perkirakan hanya 85 ribu sampai 87 ribu unit," katanya.

Oleh karena itu menurut dia, perlu dilihat penjualan secara ritel langsung ke tingkat konsumen dan registrasi mobil baru di kepolisian. "Kalau selisihnya banyak, berarti banyak yang jual bohong-bohongan," ujar Johnny.

Kendati penjualan mobil pada Juni diperkirakan turun, Johnny yang juga Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis penjualan Toyota tetap stabil, bahkan meningkat. "Pada Mei penjualan TAM hampir menembus 35 ribu unit," ujarnya.

(R016/N002)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Mobil kelas low SUV, HR-V, sukses memimpin penjualan mobil Honda di Indonesia pada Februari 2015 dengan terjual sebanyak 4.774 unit.Jumlah tersebut menambah total penjualan mobil ...
» Selanjutnya
Sedan tenaga listrik Chevrolet Volt terbaru yang diperkenalkan di pameran otomotif Detroit pertengahan Januari 2015, memiliki desain yang makin ramping, daya tempuh makin jauh, ...
» Selanjutnya
Rolls-Royce Motor Cars mengusung Serenity, hasil karya Rumah Rolls-Royce di Goodwood Inggris, ke Geneva International Motor Show yang berlangsung 3-15 Maret. Serenity adalah ...
» Selanjutnya
Setelah dua tahun terakhir menghentikan proyek mobil listrik, Audi kembali memperkenalkan versi terbaru kendaraan sport tenaga listrik R8 e-tron.Pada pameran otomotif Jenewa, ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top