Must Read

Kamis, 02/04/2015

Ferrari pernah produksi speedboat

Selasa, 21 Februari 2012 08:18 WIB | 5.734 Views
Ferrari pernah produksi speedboat
Ferrari ARNO XI
Jakarta (ANTARA News) - Ferrari adalah simbol kaya dan kuasa, baik di jalanan maupun di air. Ferrari pernah memproduksi speedboat dan menciptakan rekor dunia tahun 1953.

Kini, speedboat merah satu tempat duduk itu dilelang dan diperkirakan laku 1,5 juta poudsterling atau sekitar Rp21 miliar.

Speedboat bernama ARNO XI Hydroplane itu adalah ide dari miliuner Achille Castoldi yang ingin membuat rekor dunia speedboat.

Dia lalu membujuk Enzo Ferrari memberi pengetahuan dan keterampilan tekniknya demi menciptakan speedboat yang paling hebat.

Hasilnya, speedboat 12 silinder bermesin Ferrari 4.500 v 12, mesin yang sama digunakan oleh Ferrari Type 375 Grand Prix.

ARNO XI pada Oktober 1953 menempuh kecepatan 150,2 mil/jam di Danau Iseo, Italia.

Setelah Achille Castoldi puas dengan ARNO XI itu, speedboat 800 kg itu dijual kepada Nando dell'Orto, miliuner lainnya yang kemudian menggunakan ARNO XI untuk berbagai balap selama 10 tahun dan meraih banyak kemenangan.

Selama waktu itu, ARNO XI terus mendapatkan perbaikan di berbagai segi termasuk sayap.

ARNO XI pensiun tahun 1960 dan hingga kini beberapa rekornya belum terpecahkan.

Pemilik terakhir sudah merawatnya selama 20 tahun dan merestorasinya.Ferrari ARNO XI dilelang melalui balai lelang RM.
(A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Galeri Foto Terkait
Pengembangan software atau perangkat lunak pada kendaraan menjadi hal penting, berkaca dari industri penerbangan yang sudah 40 tahun mengembangkan pesawat yang dijalankan ...
» Selanjutnya
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengekspor sedikitnya 28.800 unit kendaraan roda empat utuh (complete build up unit/CBU) sepanjang dua bulan pertama 2015.‎Angka ...
» Selanjutnya
Produsen ban PT Bridgestone Tire Indonesia hari ini meluncurkan produk baru, Bridgestone Potenza Adrenalin RE003, ban sport dengan pengendalian lebih baik pada lintasan basah ...
» Selanjutnya
PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis Camry tetap bisa memimpin pasar medium sedan apalagi dengan kehadiran New Camry generasi ketujuh yang baru diluncurkan pada Rabu."Medium ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top