Must Read

Selasa, 21/04/2015

Ferrari pernah produksi speedboat

Selasa, 21 Februari 2012 08:18 WIB | 5.867 Views
Ferrari pernah produksi speedboat
Ferrari ARNO XI
Jakarta (ANTARA News) - Ferrari adalah simbol kaya dan kuasa, baik di jalanan maupun di air. Ferrari pernah memproduksi speedboat dan menciptakan rekor dunia tahun 1953.

Kini, speedboat merah satu tempat duduk itu dilelang dan diperkirakan laku 1,5 juta poudsterling atau sekitar Rp21 miliar.

Speedboat bernama ARNO XI Hydroplane itu adalah ide dari miliuner Achille Castoldi yang ingin membuat rekor dunia speedboat.

Dia lalu membujuk Enzo Ferrari memberi pengetahuan dan keterampilan tekniknya demi menciptakan speedboat yang paling hebat.

Hasilnya, speedboat 12 silinder bermesin Ferrari 4.500 v 12, mesin yang sama digunakan oleh Ferrari Type 375 Grand Prix.

ARNO XI pada Oktober 1953 menempuh kecepatan 150,2 mil/jam di Danau Iseo, Italia.

Setelah Achille Castoldi puas dengan ARNO XI itu, speedboat 800 kg itu dijual kepada Nando dell'Orto, miliuner lainnya yang kemudian menggunakan ARNO XI untuk berbagai balap selama 10 tahun dan meraih banyak kemenangan.

Selama waktu itu, ARNO XI terus mendapatkan perbaikan di berbagai segi termasuk sayap.

ARNO XI pensiun tahun 1960 dan hingga kini beberapa rekornya belum terpecahkan.

Pemilik terakhir sudah merawatnya selama 20 tahun dan merestorasinya.Ferrari ARNO XI dilelang melalui balai lelang RM.
(A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Galeri Foto Terkait
Produk pelumas Federal Mobil Lubricants mengumumkan dukungannya terhadap pebalap Sean Gelael di ajang Internasional World Series Formula Renault 3.5. "Pebalap Sean mewakili ...
» Selanjutnya
Sedan tenaga listrik Chevrolet Volt terbaru yang diperkenalkan di pameran otomotif Detroit pertengahan Januari 2015, memiliki desain yang makin ramping, daya tempuh makin jauh, ...
» Selanjutnya
PT Piaggio Indonesia (PID) agen tunggal pemenang merk (ATPM) skuter Vespa dan Piaggio yakin sepeda motor mereka tetap digemari oleh peminat khusus. "Kami menciptakan pasar ...
» Selanjutnya
Mercedes-Benz akan meluncurkan generasi baru C-Class C160 yang menyasar segmen pembeli mobil pemula (entry level) dengan harga lebih terjangkau.Menurut laman Inautonews, mobil ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top