Must Read

Jumat, 31/07/2015

Ferrari pernah produksi speedboat

Selasa, 21 Februari 2012 08:18 WIB | 6.158 Views
Ferrari pernah produksi speedboat
Ferrari ARNO XI
Jakarta (ANTARA News) - Ferrari adalah simbol kaya dan kuasa, baik di jalanan maupun di air. Ferrari pernah memproduksi speedboat dan menciptakan rekor dunia tahun 1953.

Kini, speedboat merah satu tempat duduk itu dilelang dan diperkirakan laku 1,5 juta poudsterling atau sekitar Rp21 miliar.

Speedboat bernama ARNO XI Hydroplane itu adalah ide dari miliuner Achille Castoldi yang ingin membuat rekor dunia speedboat.

Dia lalu membujuk Enzo Ferrari memberi pengetahuan dan keterampilan tekniknya demi menciptakan speedboat yang paling hebat.

Hasilnya, speedboat 12 silinder bermesin Ferrari 4.500 v 12, mesin yang sama digunakan oleh Ferrari Type 375 Grand Prix.

ARNO XI pada Oktober 1953 menempuh kecepatan 150,2 mil/jam di Danau Iseo, Italia.

Setelah Achille Castoldi puas dengan ARNO XI itu, speedboat 800 kg itu dijual kepada Nando dell'Orto, miliuner lainnya yang kemudian menggunakan ARNO XI untuk berbagai balap selama 10 tahun dan meraih banyak kemenangan.

Selama waktu itu, ARNO XI terus mendapatkan perbaikan di berbagai segi termasuk sayap.

ARNO XI pensiun tahun 1960 dan hingga kini beberapa rekornya belum terpecahkan.

Pemilik terakhir sudah merawatnya selama 20 tahun dan merestorasinya.Ferrari ARNO XI dilelang melalui balai lelang RM.
(A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Galeri Foto Terkait
Penjualan sepeda motor Honda tercatat tumbuh 18,7 persen dengan total penjualan 361.767 unit pada bulan Juni lalu. Siaran pers Honda, Rabu, menyebutkan bahwa peningkatan ...
» Selanjutnya
PT Bridgestone Tire Indonesia mengumumkan bahwa ban merek Bridgestone Turanza ER33 menjadi ban standar HONDA HR-V, model  Crossover Utility Vehicle terbaru yang diluncurkan ...
» Selanjutnya
Perusahaan asal Amerika Serikat, Terrafugia, telah mengungkapkan rincian terbaru tentang mobil terbang TF-X jelang usulan peluncuran pada tahun 2021.Menurut laman Car Advice, ...
» Selanjutnya
Jeffrey Polnaja, pria asal Indonesia yang seorang diri menjelajahi dunia dengan mengendarai sepeda motor, akhir pekan lalu, Sabtu, 25 Juli 2015, telah mencapai Timor-Leste, ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top