Must Read

Minggu, 25/01/2015

Mobil India Tata Nano masuk Indonesia tahun ini

Kamis, 19 Januari 2012 16:47 WIB | 0 Views
Mobil India Tata Nano masuk Indonesia tahun ini
Tata Nano, salah satu mobil buatan Tata Motors, India. (tatamotors.com)
Jakarta (ANTARA News) - Mobil murah asal India, Tata Nano, dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia pada tahun ini.

"Mobil ini akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia dalam pameran otomotif tahun ini," Duta Besar India untuk Indonesia, Biren Nanda, di Jakarta, Kamis.

Mobil tersebut, lanjut Biren, dijual di negeri asalnya India dengan harga setara Rp25-30 juta. "Namun saya tidak tahu pasti berapa harga mobil itu di Indonesia," tambah Biren.

Biren mengatakan mobil tersebut tidak hanya murah, tetapi sudah menerapkan teknologi tinggi. Mobil ini diperuntukkan bagi keluarga kecil karena mempunyai kapasitas empat penumpang.

Pabrikan mobil murah itu, Tata Motors, sebelumnya juga telah meriset pasar dan berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Perusahaan Tata Motors saat ini tengah merancang kantor dan pabrik mobil itu. Jadi mobil yang dijual bukan mobil jadi melainkan dirakit di Indonesia," kata dia lagi.

Tata Nano juga menggandeng perusahaan lokal di Indonesia dan sudah mencapai kesepakatan.. Tata Nano akan menjadi merek pertama India yang memasarkan produknya ke Indonesia.

Sebelumnya, dikabarkan Tata Nano akan masuk dan membuka pabrik di Indonesia pada 2013. Pabrik ini bisa memproduksi hingga 50 ribu unit per tahun. Selain Tata Nano, Tata Motors juga berniat merakit mobil niaga seperti Tata Ace.

Mobil mungil asal India ini sudah diekspor ke Sri Lanka untuk dijadikan taksi. Namun harganya langsung melonjak naik hingga hampir tiga kali lipat, akibat tinggi pajak di negeri itu.

(I025)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Galeri Foto Terkait
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, meluncurkan Mitsubishi New Mirage Sport untuk pasar Riau, di Pekanbaru, ...
» Selanjutnya
Jupiter Z1 menjadi sepeda motor pertama Yamaha Indonesia yang disempurnakan Euro3. Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memilih menggunakan regulasi standar Euro3 yang ...
» Selanjutnya
Kendaraan tenaga hidrogen Honda FCV Concept akan siap produksi pada tahun 2016. Honda menampilkan konsep FCV (fuel cell vehicle) tersebut pada North American International Auto ...
» Selanjutnya
New Mirage Sport diyakini mampu menganggu pasar Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV) dengan tampilan yang gaya sekaligus irit dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM). PT ...
» Selanjutnya
Baca Juga
Back to top